1.
Apa yang dimaksud dengan manajemen!
Kata
manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno “menagement” yang memiliki arti
“seni melaksanakan dan mengatur”.
Manajemen
adalah seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain atau suatu proses dalam
rangka mencapai tujuan dengan bekerja bersama melalui orang-orang dan sumber
daya organisasi lainnya.
Menurut
Ricky W. Griffin manajemen adalah sebuah prose perencanaan, pengorganisasian,
pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara
efektif dan efisien.
2.
Jelaskan dan uraikan fungsi-fungsi manajemen dan keterkaitkannya satu sama lain!
Fungsi manajemen ada 4 yaitu:
1.
Perencanaan (planning)
Proses yang menyangkut untuk melakukan upaya antipasi kecenderungan
dimasa yang akan datang dan penentuan strategi dan taktik yang tepat untuk
mewujudkan tujuan dan target organisasi. Perencanaan membutuhkan antara lain:
untuk mengembangkan langkah-langkah strategi, mengidentifikasi peluang masa
depan.
2.
Pengorganisasian (organizing)
Kegiatannya membagi pekerjaan, mengelompokan pekerjaan, mendelegasian
wewenang dan mengkoordinasikan aktivitas. Tujuannya antara lain: setiap
individu dapat mengetahui dengan jelas tugas, kewajiban dan tanggung jawab,agar
terbina hubungan baik antar organisasi dan antar anggota organisasi.
3.
Pengarahan (actuating)
Kegiatan untuk mengarahkan agar semua anggota organisasi
melaksanakan kegitannya masing-masing yang telah ditentukan. Bentuk
kegiatannya antara lain: berkomunikasi dengan anggota organisasi, memberikan
pengarahan dan petunjuk, memberikan motivasi, memberikan kepemimpinan.
4.
Pengendalian (controling)
Aktivitas yang menemukan, mengkoreksi adanya penyimpangaan dari hasil
yang telah dicapai, dibandingkan dengan rencana yang telah ditetapkan.
Langkah-langkah pengendalian antara lain: menetapkan standard metode, mengukur
prestasi, mengambil tidakan koreksi, memutuskan apa proses kerja telah sesuai
dengan standar.
3.
Jelaskan tentang berbagai tingkatan manajemen
dan keterampilan apa saja yang dibutuhkan oleh setiap manajer dalam organisasi!
a.
Lower management (manajement tingkat rendah)
Manager yang bertanggung jawab menyelesaikan rencana-rencana yang telah
ditetapkan oleh manajer yang tingkatnya paling tinggi.
b.
Midle management (manajement tingkat
menengah)
Mecakup lebih dari satu tingkatan didalam organisasi. Harus memiliki
keahlian interpersonal/ manusiawi.
c.
Top management (Manajen tingkat atas)
Manajer
bertanggung jawab atas pengaruh yang ditimbulkan dari keputusan-keputusan
manajemen keseluruhan organisasi.
Keterampilan yang dibutuhkan
oleh setiap manajer dalam organisasi yaitu:
1.
Keterampilan konseptual keterampilan atau
kemampuan mental untuk mengkoordinasikan dan mengintegrasikan seluruh
kepentingan dan kegiatan organisasi.
2.
Keterampilan kemanusiaan
3.
Keterampilan administrasi
4.
Keterampilan teknik
5.
4.
Jelaskan perbedaan antara perencanaan strategis
dan perencanaan taktis!
Perencanaan strategis adalah proses
memutuskan progam-progam yang akan dilaksanakan oleh organisasi dan perkiraan
jumlah sumber daya yang akan dialokasikan kesetiap program selama beberapa
tahun kedepan.
Perencanaan taktis adalah tindakan jangka
pendek yang dilakukan untuk menerapkan strategi yang lebih luas yang
berhubungan dengan menerapkan aspek-aspek khusus dari suatu rencana strategis
perusahaan.
5.
Jelaskan berbagai gaya kepemimpinan yang dapat
diterapkan oleh manajer dalam mengarahkan bawahan dan jelaskan pula gaya
kepemipinan mana yang terbaik!
·
Gaya kepemimpinan transaksional adalah gaya
yang memotivasi para pengikutnya untuk menuju sasaran yang telah ditetapkan
dengan memperjelas tugas.
·
Gaya kepemimpinan visioner adalah gaya yang
mampu menciptakandan menartikan visi secara realistis, kredibel dan menarik
mengenai organisasi dimasa depan maupun dimasa yang terjadi sekarang ini.
·
Gaya kepemimpinan karismatik adalah gaya
yang memicu para pengikutnya dengan memperhatikan kemampuannya atau mengamai
perilaku tertentu pemimpin.
·
Gaya kepemimpinan transformasional adalah
gaya yang menginspirasi para pengikut untuk melampaui kepentingan pribadi dan
mampu membawa dampak yang mendalamdan luar biasa kepada pengikutnya.
Gaya kepemimpinan yang terbaik
adalah adalah gaya kepemimpinan karismatik karena didalam gaya karismaik bisa
mengikuti peraturan yang dimiliki oleh seorang pemimpin.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar