Kamis, 27 November 2014

TUGAS 8S PENGANTAR BISNIS

1.       Apa yang dimaksud dengan manajemen!
Kata manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno “menagement” yang memiliki arti “seni melaksanakan dan mengatur”.
Manajemen adalah seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain atau suatu proses dalam rangka mencapai tujuan dengan bekerja bersama melalui orang-orang dan sumber daya organisasi lainnya.
Menurut Ricky W. Griffin manajemen adalah sebuah prose perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efisien.
2.       Jelaskan dan uraikan fungsi-fungsi  manajemen dan keterkaitkannya satu sama lain!
Fungsi manajemen ada 4 yaitu:
1.       Perencanaan (planning)
Proses yang menyangkut untuk melakukan upaya antipasi kecenderungan dimasa yang akan datang dan penentuan strategi dan taktik yang tepat untuk mewujudkan tujuan dan target organisasi. Perencanaan membutuhkan antara lain: untuk mengembangkan langkah-langkah strategi, mengidentifikasi peluang masa depan.
2.       Pengorganisasian (organizing)
Kegiatannya membagi pekerjaan, mengelompokan pekerjaan, mendelegasian wewenang dan mengkoordinasikan aktivitas. Tujuannya antara lain: setiap individu dapat mengetahui dengan jelas tugas, kewajiban dan tanggung jawab,agar terbina hubungan baik antar organisasi dan antar anggota organisasi.
3.       Pengarahan (actuating)
Kegiatan untuk mengarahkan agar semua anggota organisasi melaksanakan  kegitannya  masing-masing yang telah ditentukan. Bentuk kegiatannya antara lain: berkomunikasi dengan anggota organisasi, memberikan pengarahan dan petunjuk, memberikan motivasi, memberikan kepemimpinan.
4.       Pengendalian (controling)
Aktivitas yang menemukan, mengkoreksi adanya penyimpangaan dari hasil yang telah dicapai, dibandingkan dengan rencana yang telah ditetapkan. Langkah-langkah pengendalian antara lain: menetapkan standard metode, mengukur prestasi, mengambil tidakan koreksi, memutuskan apa proses kerja telah sesuai dengan standar.

3.       Jelaskan tentang berbagai tingkatan manajemen dan keterampilan apa saja yang dibutuhkan oleh setiap manajer dalam organisasi!
a.      Lower management (manajement tingkat rendah)
Manager yang bertanggung jawab menyelesaikan rencana-rencana yang telah ditetapkan oleh manajer yang tingkatnya paling tinggi.
b.      Midle management (manajement tingkat menengah)
Mecakup lebih dari satu tingkatan didalam organisasi. Harus memiliki keahlian interpersonal/ manusiawi.
c.       Top management (Manajen tingkat atas)
Manajer bertanggung jawab atas pengaruh yang ditimbulkan dari keputusan-keputusan manajemen keseluruhan organisasi.
                Keterampilan yang dibutuhkan oleh setiap manajer dalam organisasi yaitu:
1.       Keterampilan konseptual keterampilan atau kemampuan mental untuk mengkoordinasikan dan mengintegrasikan seluruh kepentingan dan kegiatan organisasi.
2.       Keterampilan kemanusiaan
3.       Keterampilan administrasi
4.       Keterampilan teknik
5.        
4.       Jelaskan perbedaan antara perencanaan strategis dan perencanaan taktis!
Perencanaan strategis adalah proses memutuskan progam-progam yang akan dilaksanakan oleh organisasi dan perkiraan jumlah sumber daya yang akan dialokasikan kesetiap program selama beberapa tahun kedepan.
Perencanaan taktis adalah tindakan jangka pendek yang dilakukan untuk menerapkan strategi yang lebih luas yang berhubungan dengan menerapkan aspek-aspek khusus dari suatu rencana strategis perusahaan.

5.       Jelaskan berbagai gaya kepemimpinan yang dapat diterapkan oleh manajer dalam mengarahkan bawahan dan jelaskan pula gaya kepemipinan mana yang terbaik!
·         Gaya kepemimpinan transaksional adalah gaya yang memotivasi para pengikutnya untuk menuju sasaran yang telah ditetapkan dengan memperjelas tugas.
·         Gaya kepemimpinan visioner adalah gaya yang mampu menciptakandan menartikan visi secara realistis, kredibel dan menarik mengenai organisasi dimasa depan maupun dimasa yang terjadi sekarang ini.
·         Gaya kepemimpinan karismatik adalah gaya yang memicu para pengikutnya dengan memperhatikan kemampuannya atau mengamai perilaku tertentu pemimpin.
·         Gaya kepemimpinan transformasional adalah gaya yang menginspirasi para pengikut untuk melampaui kepentingan pribadi dan mampu membawa dampak yang mendalamdan luar biasa kepada pengikutnya.
Gaya kepemimpinan yang terbaik adalah adalah gaya kepemimpinan karismatik karena didalam gaya karismaik bisa mengikuti peraturan yang dimiliki oleh seorang pemimpin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar