Senin, 10 November 2014

TUGAS 6S PENGANTAR BISNIS

1. Jelaskan tentang pengertian organisasi sebagai badan maupun sebagai terstruktur!

Organisasi  sebagai badan adalah sekelompok orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan yang diinginkan seperti keuntungan dalam berbisnis.
Organisasi sebagai terstruktur adalah sekelompok orang yang mempunyai susunan dalam berorganisasi untuk mengetahui siapa yang berada dilevel atas dan bawah.

2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan rentang kendali dan jelaskan pula faktor-faktor apa saja yang menentukan tinggi rendahnya rentang kendali!

Rentang kendali adalah kemampuan manajer dalam melakukan koordinasi secara efektif  yang hampir semuanya tergantung jumlah bawahan yang melaporkan kepada manajer.
Menurut Mary Cushing Niles faktor-faktor yang menentukan tinggi rendahnya rentang kendali adalah :
1.       Faktor yang berhubungan dengan rencana organisasi. Artinya semakin jelas rencana organisasi semakin tegas batas pertanggung jawabannya dalam organisasi tersebut, maka semakin banyak karyawan bawahan yang dapat dikendalikan.
2.     Jalinan hubungan di antara petugas-petugas dan pekerjaan-pekerjaan yang harus diawasi. Semakin banyak hubungan antara pekerjaan yang satu dengan lainnya dan semakin banyak karyawan yang bertugas, maka semakin sedikit jumlah petugas yang dapat dikendalikan oleh manajer.
3.     Kecakapan dan kemampuan manajer dan karyawan dalam organisasi perusahaan. Semakain cakap dan mampu seorang manajer berarti semakin mampu mengendalikan jumlah karyawan lebih banyak. Dan semakin banyak jumlah karyawan bawahan yang memiliki kemampuan dan kecakapan tinggi, maka semakin mudah bagi manajer untuk mengendalikannya.
4.     Ragam pekerjaan yang ditangani manajer dan karyawan bawahan. Semakin sederhana dan lebih seragam langkah-langkah dalam suatu pekerjaan, maka semakin banyak karyawan bawahan yang dapat dikendalikan manajer.
5.     Ragam persoalan yang dihadapi organisasi perusahaan dan kestabilan organisasi perusahaan dalam menghadapi persoalan-persoalan tersebut, serta kestabilan sikap pendirian para pejabatnya. Semakin stabil pendirian pejabat dan organisasinya, maka akan semakin luas rentang kendali yang dapat dijalankan organisasi perusahaan.
6.     Faktor jarak yang berhubungan dengan lokasi koordinator dengan karyawan bawahannya yang dikoordinasi. Artinya semakin jauh jarak antara koordinator dengan karyawan bawahannya dan semakin jarang ketemu antar mereka, maka semakin sempit rentang kendalinya.
Faktor yang berhubungan dengan lamanya suatu pekerjaan itu dikerjakan.Semakin membutuhkan waktu yang lama maka semakin sedikit jumlah orang-orang bawahan yang dapat diawasi manajer.

3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan struktur organisasi matriks dan apa saja keunggulan dan kelemahannya!

Struktur organisasi matriks adalah struktur yang dihasilkan dari garis wewenang ganda dan wewenang fungsional. Struktur matriks digunakan untuk memudahkan pengembangan pelaksanaan beragam proyek.

Keunggulan:
  • Tujuan proyek menjadi lebih jelas
  • Pekerjaan dapat dipahami
  • Dapat merespon pada beberapa sektor lingkungan
Kelemahan: 
  • Biaya cukup mahal
  • Memungkinkan timbulnya perpecahan antar pemimpin
  • Struktur sangat susah
4. Jelaskan pengertian organisasi formal dan organisasi informal beserta karakteristiknya masing-masing!

Organisasi formal adalah organisasi yang menunjuk adanya perumusan tertulis daripada peraturan-peraturan, ketetapan, prosedur, kebijaksanaan, tujuan, strategi dan lain-lain. Dengan tujuan hubungan kerja secara rasional.
Karakteristik:
  • Mempunyai kewenangan untuk memberikan suatu tugas
  • Prosedur dalam organisasi mempunyai sifat formal
  • Dalam berorganisasi harus bisa memisahkan antara masalah pribadi dan masalah didalam organisasi
  • tahan lama karena mempunyai peraturan
Organisasi informal adalah dimana anggota organisasi dapat dibentuk secara sadar maupun tidak sadar.
Karakteristik:
  • Bebas
  • Spontan
  • Fleksibel/luwes
  • Tidak adanya peraturan
5. Jelaskan perbedaan antara pengelolaan organisasi secara sentralisasi dengan desentralisasi! Apa keunggulan dan kelemahannya masing-masing!

Sentralisasi adalah memusatkan seluruh weweanag kepada sejumlah kecil manajer atau yang berada diposisi atas pada suatu organisasi.
Desentralisasi adalah pendelegasian wewenang dalam membuat keputusan dan kebijakan kepada manajer atau orang berada dalam posisi bawah dalam suatu organisasi.

Keunggulan Sentralisasi: Pemerintah pusat tidak ambil pusing terhadap masalah yang timbul akibat perbedaan pengambilan keputusan.
Kelemahan Sentralisasi: Seluruh keputusan dan kebijakan daerah dihasilkan oleh orang-orang yang berada di pemerintahan pusat, jadi waktu untuk memutuskan sangat lama.

Keunggulan Desentralisasi: Membuat pembangunan daerah lebih baik, mencegah separatisme, dibangun dalam konteks demokrasi.
Kelemahan Desentralisasi: Permasalahan keterlambatan dietrbitkan peraturan tentang pembagian urusan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar