Senin, 15 Mei 2017

MENGENAL AREA KERJA ADOBE FLASH

Adobe Flash merupakan aplikasi multiguna yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam
kebutuhan. Dengan berbagai fitur canggih yang ada didalamnya, Anda dapat menggambar, membuat
animasi, hingga membuat berbagai jenis permainan yang luar biasa.
Dalam modul ANIMASI DAN DASAR PEMROGRAMAN GAME DENGAN ADOBE FLASH CS4 ini,
Anda akan dipandu menggunakan Adobe Flash Creative Suite4 secara perlahan, step by step agar
mudah untuk memahaminya.
Penulis berharap setelah bersama sama mempelajari modul ini, Anda sudah dapat atau meningkatkan
keahlian dalam mengotak-atik bahasa pemrograman Flash baik dalam pembuatan animasi atau game.
Modul ini terbagi menjadi 2 tahapan, tahap 1 akan membahas tentang dasar pemrograman menggunan
adobe flash cs4, tahap 2 akan membahas tentang beberapa game yang akan dipelajari.


MENGENAL AREA KERJA
Berikut adalah tampilan setelah anda membuka program adobe flash cs4 dan setelah anda memlih
Flash File (Action script 2.0) :
Keterangan :
(A) Menu Bar : Merupakan kumpulan dari menu menu yang memiliki fungsi yang berbeda beda
dan dikelompokan berdasarkan fungsinya
(B) Stage : Merupakan area kerja, tempat anda membuat dan mengolah objek, termasuk animasi
(C) Timeline : Merupakan panel yang digunakan untuk mengatur susunan isi dokumen menurut
satuan waktu, dalam bentuk layer dan frame
(D) Toolbox : Merupakan panel yang berisi kumpulan dari beberapa macam tool yang dapat anda
gunakan untuk membuat hingga mengolah objek pada stage

Mengenal Panel Utama
Semua panel panel utama dapat diaktifkan (ditampilkan melalui menu bar Window)

Panel Toolbox
Tool tool yang ada di dalam panel ini dapat digunakan untuk : menggambar, melukis, menyeleksi
dan memodifikasi objek serta dapat mengatur tampilan stage. Tool ini dibagi menjadi 4 kelompok
(A) Berisi tool tool untuk menggambar, melukis dan meyeleksi
(B) Berisi tool tool juntuk mengatur zooming dan tata letak stage pada jendela aplikasi
(C) Berisi tool tool untuk memodifikasi warna tepi, isi objek maupun teks
(D) Melalui area ini, anda dapat memodifikasi tool tool yang sedang aktif saat ini

Panel Properties
Menyediakan kemudahan akses untuk pengaturan atribut atribut dari objek yang terpilih saat ini, baik di
Stage maupun di Timeline. Panel ini dapat ditampilkan dari menu bar Window.

Panel Library
Panel ini dapat anda akses melalui menu bar Window atau Ctrl + L, yang merupakan panel dimana
objek objek symbol flash anda diletakan dan diatur.

Menggunakan Timeline
Timeline secara default telah tampil pada saat program dijalankan, namum jika tidak, anda dapat
menampilkannya melalui menu bar Window. Timeline merupakan suatu panel yang dapat
digunakan untuk mengontrol isi dokumen hingga waktu yang ditentukan dalam layer dan frame.
Layaknya film, dokumen flash membagi panjang waktu animasi ke dalam frame frame.



Timeline terdiri dari 2 bagian : (A)Layer dan (B)Frame
Penambahan frame
Dilakukan jika anda ingin memperpanjang tampilan animasi, dilakukan dengan cara : F5 / Insert ->
Timeline -> Frame
Membuat Keyframe
Keyframe adalah bagian dari frame yang digunakan untuk menetapkan perubahan pada animasi,
dilakukan dengan cara : Insert -> Timeline -> keyframe / F6 / Klik kanan pada frame dan pilih opsi
keyframe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar