Senin, 15 Mei 2017

ANIMASI

     Animasi merupakan komponen multimedia yang sifatnya lebih kompleks dari komponen lainnya, seperti
teks dan gambar. Animasi adalah simulasi gerakan yang dihasilkan dengan penayangan urutan frame
ke layar. Animasi juga bisa diartikan sebagai urutan gambar yang bergerak secara bergantian dengan
waktu yang sangat cepat sehingga seolah olah terlihat gambar tersebut bergerak.
Macam macam animasi

Dalam Adobe Flash CS4 Professional, terdapat beberapa macam animasi dengan cara pembuatan
yang berbeda. Berikut macam macam animasi yang dimaksud :
1. Frame by Frame
Animasi ini merupakan animasi yang dibuat secara manual, dimana anda harus
menempatkan perubahan gerakan pada objek (animasi) disetiap framenya. Animasi jenis
ini sangat cocok untuk menampilan gerakan gerakan detail, seperti gerakan pada kartun atau
karakter.
2. Motion Tween
Animasi ini menyuguhkan anda tehnik membuat animasi yang simple, tentunya dengan hasil
yang menawan. Dalam tehnik ini anda hanya perlu membuat objek awal kemudian mengedit
posisinya (bukan bentuk). Selanjutnya, anda dapat mengatur jalur pergerakan animasi
sekompleks mungkin dengan cara yang mudah.
3. Classic Tween
Dalam membuat animasi ini, anda hanya perlu mengatur frame awal dan frame akhir animasi,
termasuk gerakan awal dan akhirnya. Frame dan gerakan yang ada diantara awal dan akhir
tersebut tidak perlu dipikirkan. Animasi ini bisa dilakukan secara continue dan urut sehingga
akan menghasilkan animasi yang kompleks.
4. Shape Tween
Tehnik ini memiliki kemiripan dengan Classic Tween. Bedanya, objek yang terletak dititik
akhir bukan sekedar berupa lokasi, melainkan juga bisa berupa objek lain sehingga akan
menghasilkan animasi perubahan bentuk.
5. Masking
Dalam tehnik ini, terdapat dua layer atau lebih, dimana layer yang paling depan memiliki
objek yang berfungsi untuk menutupi objek pada layer layer lain. Ketika dijalankan, objek
penutup ini kan berbalik menjadi lubang, dimana objek objek yang sebelumnya tertutupi
justru tidak akan menampilkan apa apa, kecuali jika dilewati objek penutup. Biasanya
penggunaan tehnik masking ini, dikombinasikan dengan Motion Tween agar menghasilkan
animasi masking yang lebih menarik.

Frame By Frame
Ikuti langkah langkah berikut :
1. Buatlah objek kotak pada frame 1 di layer 1
2. Perpanjang objek kotak dengan memperpanjang frame (klik F5) pada detik ke-25
3. Buatlah keyframe di detik objek kotak berhenti (detik k-25), dengan meng-klik F6
4. Jalankan animasi dengan cara Ctrl + Enter
NB : Jika pada objek kotak pergerakannya terlalu singkat, maka perpanjang frame pada
objek kotak sampai detik yang diinginkan, dengan klik frame dan klik F5

Motion Tween
Ikuti langkah langkah berikut :
1. Buatlah objek kotak pada frame 1 di layer 1
2. Lalu perpanjang hingga frame ke 20 (klik frame 20 lalu klik F5)
3. Pada frame 10, klik kanan pilih opsi Create Motion Tween
4. Masih pada frame 10, pindahkan objek kotak (dimanapun), lalu ubah ukurannya dengan
Free Transform tool
5. Pada frame 20, pindahkan lagi objek kotak (dimanapun), lalu ubah ukurannya dengan Free
Transform tool
6. Jalankan animasi dengan Ctrl + Enter

Classic Tween
Ikuti langkah langkah berikut :
1. Buat objek kotak di frame 1 layer 1
2. Buatkah kerframe di frame 20, frame 40, frame 60
3. Pada frame 20, pindahkan objek kotak, lalu antara frame 1 dan 20 klik kanan, Create
Classic Tween
4. Pada frame 40, pindahkan objek kotak, lalu antara frame 20 dan 40 klik kanan, Create
Classic Tween
5. Pada frame 60, pindahkan objek kotak, lalu antara frame 40 dan 60 klik kanan, Create
Classic Tween
6. Jalankan animasi dengan Ctrl + Enter

Shape Tween
Ikuti langkah langkah berikut :
1. Buatlah objek kotak di frame 1 layer 1 dan letakan di posisi kiri atas
2. Lalu pada frame 20 buatlah keyframe
3. Diantara frame 1 dan frame 20, klik kanan, pilih opsi Create Shape Tween
4. Pada frame 20, hapus objek kotak dan buatlah objek bulat dan pindahkan di posisi tengah
bawah
5. Pada frame 40 buatlah keyframe
6. Diantara frame 20 dan frame 40, klik kanan, pilih opsi Create Shape Tween
7. Pada frame 40, hapus objek polystar dan buatlah objek bulat dan pindahkan di posisi
kanan atas
8. Pada frame 60 buatlah keyframe
9. Diantara frame 40 dan frame 60, klik kanan, pilih opsi Create Shape Tween
10. Pada frame 60, hapus objek kotak sebesar objek kotak 1, pindahkan di posisi kiri atas
(seperti posisi objek bulat di frame 1)
11. Jalankan animasi dengan Ctrl + Enter

Masking
Animasi ini adalah animasi yang diperuntukan untuk menampilkan image / karakter
apapun yang ada dibalik slide. Animasi ini pun terbuat lebih dari 1 layer. Sebelumnya kita
akan memasukan (import) gambar dari media file :
o File
o Import
o Import To Stage
o Pilihlah gambar sesuai dengan keinginan
Ikuti langkah langkah berikut :
1. Masukan gambar dari media lain ATAU buatlah objek yang akan ditampilkan dibalik slide,
ex : objek polystar yang diberi warna lalu aturlah ukurannya
2. Buatlah layer baru
3. Klik kanan pada layer 2, pilih opsi mask dan UNLOCK LAYER 2
4. Buatlah keyframe pada detik 10, 20, 30 dan 40 pada layer 2
5. Pada frame 1 layer 2, frame 2, buatlah objek bulat / kotak
6. Pada frame 10 layer 2, frame 2, pindahkan objek bulat / kotak
7. Diantara frame 1 dan frame 10 pada layer 2, klik kanan, pilih opsi Create Classic Tween
8. Pada frame 20 layer 2, frame 2, pindahkan objek bulat / kotak
9. Diantara frame 10 dan frame 20 pada layer 2, klik kanan, pilih opsi Create Classic
Tween
10. Pada frame 30 layer 2, frame 2, pindahkan objek bulat / kotak
11. Diantara frame 20 dan frame 30 pada layer 2, klik kanan, pilih opsi Create Classic
Tween
12. Pada frame 40 layer 2, frame 2, pindahkan objek bulat / kotak
13. Diantara frame 30 dan frame 40 pada layer 2, klik kanan, pilih opsi Create Classic
Tween
14. Jalankan animasi dengan Ctrl + Enter

Tidak ada komentar:

Posting Komentar