Senin, 15 Mei 2017

GAME MEWARNAI

Dasar Pemrograman Mewarnai
Dalam bab ini, anda akan mempelajari dasar pemrograman game mewarnai yang meliputi
pengolahan data warna, penggunaan symbol button dan movie clip serta pembuatan
interaksi. Dalam sub bab ini, akan diberi contoh member warna pada sebuah objek yang
akan di control oleh sebuah tombol buatan sendiri. Objek yang dapat dirubah rubah
warnanya dijadikan (convert) menjadi movie clip, sedangkan objek yang menjadi tombol
akan dijadikan button. Ikuti langkah langkah berikut :

5. Seleksi tombol BERUBAH, F9, ketikan :
on (release)
{
warna = new Color();
warna = new Color(_root.mc1);
warna.setRGB(0x0000FF);
}
6. Jalankan animasi dengan Ctrl + Enter
Tehnik Manual
Tehnik ini sama dengan tehnik yang dicontohkan di dasar pemrograman game mewarnai.
Tapi button yang digunakan lebih dari, menggunakan kotak pilihan warna. Ikuti langkah
langkah berikut :
1. Frame 1 layer 1, buatlah objek bulat, jadikan movie clip, beri nama target1, begitu
pula Instance Name nya
2. Frame 1 layer 2, buatlah kotak warna yang terdiri dari 2 warna saja, jadikan button,
beri nama b1 dan b2, begitu pula Instance Name nya
3. Seleksi tombol b1, F9, ketikan :
on (release)
{
warna = new Color();
warna = new Color(_root.target1);
warna.setRGB(0x000FF2);
}
NB : PADA BAGIAN warna.setRGB(); isikan kode warna sesuai dengan warna
tombol b1
4. Seleksi tombol b2, F9, ketikan :
on (release)
{
warna = new Color();
warna = new Color(_root.target1);
warna.setRGB(0x000FF2);
}
NB : PADA BAGIAN warna.setRGB(); isikan kode warna sesuai dengan warna
tombol b2
5. Jalankan animasi dengan Ctrl + Enter
Tehnik manual diatas yang dicontohkan sebelumnya, hanyalah untuk membuat game
mewarnai pada 1 objek target saja. Untuk membuat Objek target lebih dari 1 memerlukan
tehnik khusus. Berikut beberapa tehnik yang akan dibahas :
1. Tehnik Click & Click
Fungsi klik pada contoh sebelumnya adalah untuk merubah warna pada objek yang
dijadikan target, namun dalam tehnik ini, fungsi klik pada tombol berfungsi untuk
menyimpan nilai dari kode warna lalu klik kedua pada objek target berfungsi untuk
merubah warna pada objek target. Ikuti langkah langkah berikut :
a. Siapkan 3 layer (target, kotakwarna, action)
b. Frame 1 layer 1, buatlah 2 objek target berbeda, jadikan movie clip dengan nama
masing masing target1 dan target2, JANGAN LUPA Instance Name nya!
c. Frame 1 layer 2, buatlah kotak warna (cukup 2 kotak warna saja), jadikan masing
masing kotak warna menjadi button dengan nama b1 dan b2, JANGAN LUPA
Instance Name nya!
d. Frame 1 layer 3, klik kanan pada frame 1, action, ketikan :
nilaiwarna = “”;
b1.onRelease = function()
{
nilaiwarna = “0xFFF0045”;
}
b2.onRelease = function()
{
nilaiwarna = “0xFFH0045”;
}
target1.onRelease = function()
{
warna = new Color(this);
warna.setRGB(nilaiwarna);
}
target2.onRelease = function()
{
warna = new Color(this);
warna.setRGB(nilaiwarna);
}
e. Jalankan animasi dengan Ctrl + Enter
2. Tehnik Drag & Drop
Pada tehnik ini, cukup dilakukan 1 klik dan tahan, yaitu pada kotak warna yang
berfungsi untuk menyimpan nilai kode warna yang terpilih, lalu lepaskan pada target
yang diinginkan. Untuk menggunakan tehnik ini, seluruh objek, baik target maupun
yang menjadi tombol SEMUANYA DIJADIKAN MOVIE CLIP dengan REGISTRATION
DITENGAH
Ikuti langkah langkah berikut :
a. Lakukan langkah a-c seperti pada Tehnik Click & Click, JANGAN LUPA JADIKAN
REGISTRATION DI SEMUA MOVIE CLIP BERADA DI POSISI TENGAH
b. Seleksi b1, F9, ketikan :
onClipEvent (load)
{
pos_x = _x;
pos_y = _y;
}
on (release)
{
this.stopDrag();
_x = pos_x;
_y = pos_y;
}
Dan lakukan hal yang sama pada b2
c. Frame 1 layer 3, F9, ketikan :
b1.onPress = function()
{
this.startDrag(true);
}
b2.onPress = function()
{
this.startDrag(true);
}
b1.onRelease = function()
{
if(eval(this._droptarget) == target1)
{
warna = new Color();
warna = new Color(_root.target1);
warna.setRGB("0xFF0000");
}
else if(eval(this._droptarget) == target2)
{
warna = new Color();
warna = new Color(_root.target2);
warna.setRGB("0xFF0000");
}
else
{
//do nothing
}
}
b2.onRelease = function()
{
if(eval(this._droptarget) == target1)
{
warna = new Color();
warna = new Color(_root.target1);
warna.setRGB("0xFF0T0F");
}
else if(eval(this._droptarget) == target2)
{
warna = new Color();
warna = new Color(_root.target2);
warna.setRGB("0xFF0T0F");
}
else
{
//do nothing
}
}
d. Jalankan animasi dengan Ctrl + Enter

Tidak ada komentar:

Posting Komentar